Senin, 12 April 2010

5 (Lima) Peraturan Sederhanan Untuk Hidup Lebih Bahagia Ala Gw

Suatu saat temen gw bertanya apasih yang membuat gw nyatai dan selalu bahagia ngejalani hidup ini? Gw ga pernah terlihat susah dan sedih, selalu senyum dan menikmati hidup apa adanya,….
Sebenarnya sih gw sama aja kayak elo, banyak masalah dan kadang selalu tertimpa musibah tapi gw memaknai hidup gw dengan berarti, gw menjalani hidup dengan apa adanya dan mensyukuri apa yang telah gw dapatin dan terus berusaha untuk mencapai yang terbaik , berusaha untuk tidak mengecewakan orang di sekitar gw, berusaha untuk tersenyum, dan gw punya lima peraturan yang selalu gw terapkan dalam kehidupan gw untuk menjadi hidup lebih hidup alias bahagia, sebenarnya peratuaran yang gw terapkan sangat sederhana, ga perlu harus jadi orang lain cukup jadi diri loe sendiri, dan berikut adalah Lima peraturan sederhana untuk hidup bahagia ala gw :

1. Bebaskan dirimu dari kebencian
Sadar gak sih terkadang kita diliputi oleh rasa benci, benci ma dosen kita yang pelit ngasih nilai, benci ma atasan kita yang galak dan cerewet, benci ma temen kita yang sok tahu dan ga pengertian, benci ma pacar kita yang udah mengkhianatin kita, dan benci ma orang yang udah nyakitin hati kita. Sebenarnya sih ga ada salahnya kalo ga suka ma orang lain tapi bukan berarti kita harus benci, dan menurut gw kebencian yang mendalam bisa membuat kita terpuruk pada suatu hal yang ga jelas. Coba loe bayangin loe benci ma pacar loe padahal dulu loe sayang banget ma dia terus dengan alasan dia mengkhianatin loe harus benci tetep aj ga ngaruh ma diri elo soalnya belum tentu itu ngobatin sakit hati loe karena di tinggal pergi dia, trus klo kita benci ma dosen or atasan kita tetep aj elo masih butuh beliau dan ga ngefek untuk kehidupan elo. Apapun alasan elo yang namanya benci sama orang itu ga baik, dalam agama manapun memendam dendam dan kebencian yang mendalam itu dilarang, so Bebaskan dirimu dari kebencian, biarlah apa yang dia lakukan tuhan yang membalasnya, ada pepatah mengatakan siapa yang menanam dia yang menuai, nah klo menanam kebaikan insyaAllah hasilnya akan baik begitu juga sebaliknya

2. Bebaskan pikiranmu dari kesusahan. Jangan Minder dan tidak percaya diri
Semua orang dibelahan dunia manapun ga ada yang ga pernah ngalamin kesusahan, jadi jangan takut ma namanya susah, klo kata guru ngaji gw “ dibalik kesusahan pasti ada kemudahan” jadi elo harus bisa bebaskan pikiran elo dari yang namanya susah, didunia ini ga ada yang ga mungkin semuanya mungkin selama kemauan dan tekat yang kuat,
Terus berikutnya rasa minder, gw sering ngalamin itu dulu ngerasa gw bukan cowok, elo bayangin gw naik motor aja gw ga bisa, main gitar Cuma genjrang-genjring doank, nyayi suaranya bikin telinga orang yang denger mesti periksa di THT, terus olahraga..jiahhh apalagi yang itu perut gw aja kayak ibu-ibu yang hamil 2 bulan … he..3x..tapi gw sadar bahwasannya gw punya kemampuan yang lain yang gw yakin tidak dimiliki orang lain misalnya gw pandai bercerita, nulis dan mendiskripsikan sesuatu, Pokoknya apalah itu. yang terpenting apapun kelemahan elo jangan minder elo harus bisa nunjukin sisi positif dari diri elo, minimal elo bisa membuat bagaimana kelemahan elo ini bisa jadi kekuatan yang orang lain belum tentu bisa milikin, intinya elo harus percaya, percaya ma kemampuan elo, dan percaya ma diri lo sendiri.



3. Hiduplah secara sederhana.
Nah yang ini terkait ma kebiasan elo, gw pernah diketawain ma temen gw kenapa elo seneng pake kaos sponsor, misalnya kaos dari hadiah obat batuk or kaos yang ada logo kampusnya dan kantornya, gw jawab ma temen gw sebenarnya apapun yang gw pake selama itu nyaman di badan gw mo kaos sponsor, kaos berlogo kampus or perusahaan ga masalah, dan selain itu gw lagi melakukan kegiatan amal, gw lagi mempromosikan produk or instansi-instansi dimana gw berada biar orang kenal dan tau, ya barang kali aja gw dapat “The Best Mens Promosion” ha..ha..ha..
Intinya gini segala sesuatu yang berlebihan itu ga baik, percuma elo pake bareng bagus misalnya hape klo pulsa aj elo ga punya, atau percuma elo pake baju mahal tapi untuk makan elo ngutang..he..3x…
Mulai biasakan hidup sederhana, hidup yang sesuai dengan porsi dan kemampuan elo, karena dengan begitu akan terlihat lebih mensyukuri dan menikmati hidup, ga perlu nilai harganya tpi nilai kualitasnya dan ga perlu mahal yang penting manfaatnya. So gw yakin elo akan jauh menghargai hidup dengan kesederhaan

4. Berilah Kebaikan Pada orang Lain dan Persahabatlah dengan sebanyak-banyaknya
dimanapun oleh berada berbuatlah kebaikan untuk orang lain, ga ada salah melakukan hal yang baik meski itu adalah hal kecil, misalnya kayak buang sampah pada tempatnya walaupun ga ada hubungannya ma elo tapi EtList elo udah nolongin tukang sampah or petugas kebersihan jalan dengan mengurangi beban kerjanya dan dampaknya bisa mencegah kebanjiran.
maksudnya sekecil apaun kebaikan yang elo berikan insyaAllah bermanfaat untuk banyak orang dan akan dibalas dua kali lipat oleh ALLAH .. amien..
End terkait ama Persahabatan, seperi kata bapak gw dimana dirimu berada nak, berusahalah untuk mencari teman sebanyak-banyaknya, karena orang kedua setelah keluarga kita yang bisa membantu kita adalah teman, so banyakin temen-temen elo biar elo diberi kemudahan, jangan salah lo nyari temen 1 itu sulit dibandingin nyari musuh
5. Kurangilah harapan.
Untuk peraturan yang terakhir mengenai mengurangi harapan, bukan berarti gw ngelarang elo berharap atau membatasi impian elo, setiap orang pasti punya harapan dan impian tapi jangan terlalu yang muluk-muluk , nanti kalo ga kesampaian elo bisa “stress“…
terlalu banyak harapan apalagi…elo pasti bingung mana dulu yang mesti elo prioritaskan dan dicapai, mending saran gw kurangi harapan leo dan fokuskan pada harapan yang bener-bener bisa terrealisasikan walaupun nanti ga tercapai tapi setidaknya elo udah berusaha.
Sekira itulah 5 peraturan yang sederhana yang gw terapkam untuk mencapai kebahagian hidup, gw yakin elo punya metode-metode yang lebih hebat lagi dibandingin gw dalam memaknai hidup dan menjalankannya, so untuk sekedar informasi aja, semoga tulisan ini bermanfaat buat elo, maaf klo agak sedikit ngawur gw Cuma pengen mendiskripsikan hidup gw yang sederhana dan sedikit ngawur tapi tetep kosisnten… he…3x…..

Tidak ada komentar: