Selasa, 19 Januari 2010

"Don't Judge a Book by Its Cover" part 7

Jakarta. 8 Desember ( perjalanan dari jakarta menuju Malang)
**************************
*********************************************************

Usai membeli tiket kerata api jurusan jakarta malang, gw mulai memasuki gerbang Statiun pasar senen, gw lihat jam dinding distatiun menunjukkan pukul 01.30 wib artinya masih 1jam lgi menunggu keberangkatan kereta, dan sela2 waktu menunggu, gw mencoba membuka tas gw dan mengambil sebuah buka yang hari minggu kemarin baru gw dapatin diacara reuni Akbar STM 6, judul bukunya " Andy's Corner" curahan hati Andi F Noya yang mengugah hati gw untuk membacanya, tapi kayaknya kurang lengkap klo tidak ditemani makanan ringan coz perut gw juga dah mulai keroncongan, akhirnya gw membeli sebungkus biskuit coklat yang niatnya akan menjadi selingan gw nanti pas membaca buku ini sampai tiba waktu keberangkatan kereta,
Gw membaca buku ini dengan serius, buku ini benar2 memberikan sebuah makna yang sangat dalam dengan mengangkat tema2 sosial dan pengalaman seorang andi F Noya yang luar biasa !!, namun keasyikkan membaca gw mulai terusik oleh seorang wanita yang berpakian ala laki2, celana jeans bolong2 dengan jaket kulit warna hitam dan kaos bertuliskan rolling stone, dalam hati gw berkata 'Preman juga ni cwe dangan gaya pakaian yang sok asyik". wanita tomboy itu menghampiri gw dan mulai du2k disebelah kiri sambil membawa koran dan menyapa ku dengan panggilan "mas" dan senyum 'sok ramahnya!! gw membalas senyumnya dengan sedikit keterpaksaan dan meneruskan bacaan gw,
sambil membaca gw selingi dengan mengemil biskuit yang ku beli barusan ,gw ambil satu biskuit tersebut sambil trus membaca, tpi betapa kagetnya gw ketika melihat si cwe tomboy yang du2k disebelah gw juga ikut mengambilnya, dalam hati berkata " sopan banget ni cwe tampa permisi main ambil aj biskuit gw, dasar orang aneh", dan kejadian itu tidak berlangsung sekali saja tpi setiap gw ambil biskuit dan memakannya, cwe tomboy juga mengambilnya lalu kemudian memakannya dan ketika gw memandanngnya dengan tatapan kemarahan dia malah membalas dengan senyuman sambil menyodorkan biskuit tersebut yang seolah memberi kesan menawarkan gw" hai itu biskuit gw, kenapa lo yang nawarin sih, pede banget sih cwe' hardik gw dalam hati, sampai disisa biskuit terakhir yang tinggal 1, itu cwe malah membaginya menjdi 2 bagian,dan memberikan setengah bagiannya pada gw '" weh2x ...hebat banget ni cwe , udah minta tampa izin trus dengan semena2 membelahnya menjadi 2 bagian dan memberikan setengah bagianya tuk gw ," gw udah mulai ga bisa terima atas sikapnya tpi hati kecil gw berkata " udahlah ikhlasin aja, lgi cuma biskuit aj, mungkin dia lagi lapar!! namanya juga cwe aneh" tpi bukan masalah biskuitnya tpi caranya yang gw ga suka, pergolakan hati gw mulai mendebatkannya.. dan akhirnya menemukan solusi yang terbaik yaitu pergi meninggalkannya , karena memang 20 menit lagi kereta gw juga bakal berangkat!! akhirnya gw pergi meninggalkan cwe tomboy itu dengan memendam amarah dan kekesalan dihati...! sampai diatas kereta gw mulai mencoba mencek kembali barang2 yang ada didalam tas ransel gw...
"asstigfirullah' ucap gw dengan ekspresi kaget .. ternyata biskuit yang gw beli masih ada didalam tas dan terbungkus dengan rapi, berarti yang tdi gw makan adalah biskuit wanita tomboy tadi,Dalam hati gw berkta ( gw harus "minta maaf" )dan mulai berlari keluar melihat kearah bangku yang tdi kita du2ki bersama. tenyata wanita itu hilang entah kemana, gw nyesel banget, dengan enaknya gw menghujatnya sebagai cwe aneh dan beranggapan yang jelek2 tentangnya padahal sebenarnya begitu mulai tu cwe yang da mau bagi biskuitnya kepada gw bahkan disisa biskuit terakhir dy mau membaginya untuk gw,... gw trus2an dihinggapi rasa bersalah yang berkepanjangan, dalam perjalanan jakarta malang dikereta gw masih trus terbayang betapa sombongya gw terhadap itu cwe, menganggap jelek dengan melihat tampilan luarnya saja padahal sesungguhnya dia baik banget!!!....
disela2 kegalauan hati gw karena dirundung rasa bersalah gw, gw jadi teringat oleh seorang mba sekaligus teman gw, namanya "Neny Althert " !!
Awalnya gw liat aneh ni cwe, cuek dengan gaya super asyik dan pakian yang ala Abri masuk desa, kaos Army look, celana loreng2, sepatu kets plus kacamata minusnya dan dengan tas ransel yang selalu digembloknya.. berjalan ala tentara yang kalah perang.. ( he..3x)!! gw berpikir mungkin dulu bokapnya pengen punya anak cwo , eh ternyata yang lahir cwe ato mungkin pergaulannya yang rata2 80% temen2nya cwo yang bikin dy se asyik ini...sampe2 ketika berdekatan dengannya gw agak risih ( sorry mba) karena bingung mo ngapain!! tpi sekian lama mengenalnya lebih dalam ternyata dia sosok yang asyik, mudah bergaul, tidak sensitif dan tidak mudah tersinggung seperti cwe2 pada umumnya. dia mampu beradaptasi dengan cwo yang bru dia kenalnya dengan cepat, rasa solidiritas yang tinggi pun selalu dia jaga,dy juga tipikal cwe yang memegang teguh prinsip R.A KARTINI, yaitu Emansipasi wanita dan persamaan gender...(oke lah klo begitu).!!!makanya gayanya ga mo kalah dengan cwo2 kemayu lainnya.... ( periktiu).!! Upsss...tpi jangan salah bukan berarti dy tidak mo dihargai loh!!
ada moment dimana dia begitu kecwa terhadap sahabat2nya, saat itu dy mencoba menjdi jembatan bagi kedua balah pihak yang berseteru namun kenyataan malah dia yang tersudutkan oleh perseteruan tersebut meskipun akhirnya masalh itu dapat diselesaikan namun tetap saja dia kecwa oleh teman2nya karena merasa dicurangi dan tidak dihargai oleh teman2nya, begitu marahnya dan emosinya hingga emosinya meluap2 saat bercerita dengan gw dan bukan ma gw aja melainkan orang yang ia kenal dekat dan ia percayainya juga!!... itu wajar karena memang dia butuh pelampiasan untuk mengeluarkan unek2nya dan mengekspresikan kekesalannya... mungkin bagi sebagian cwe yang menghadapi masalah kayak gini dia akan cenderung menangis dan mencoba menghindari masalah tersebut ,, tpi neny berbeda dia bukan tipe cwe yang cengeng, dia adalah orang mempunyai prinsip dan tampilan yang tomboy bukan berarti dy tidak berperasaan justru tampilan ini menunjukkan bahwa dia lebih kuat dari cwo dan lebih peka dari cwe pada umumnya ....
dari 2 hal tersebut gw mengambil banyak pelajaran bahwa jangan sekali2 kita menganggap rendah seseorang yang kita nilai tidak baik padahal blum tentu kita lebih baik dari pada orang itu, dan tampilan luar yang buruk bukan berarti buruk juga dalamnya.. bisa jadi lebih baik dari kita, begitu juga tampilan luar yang bagus belum tentu baik didalamnya bisa jadi lebih buruk dari orang yang kita nilai penampilannya buruk ...!!seperti kata orang "Don't Judge a Book by Its Cover"

Tidak ada komentar: