Selasa, 19 Januari 2010

Dream's end Motivation's part 10

Jaman kecil dulu Kita pasti punya sesuatu hal yang membuat kita kepingin bangun besok pagi. Ah, gw inget! Filosofi ini muncul saat jamannya Mobil Tamia. Jadi, sebelum tidur gw selalu membayangkan bahwa someday aku pasti bisa beli Mobil tamiya itu. Meskipun akhirnya ga kesampean tpi yang jelas gw sudah berusaha untuk menanbung mewujudkan mimpi gw itu kerana uangnya kepake untuk nambahin ikut study tour disekolah ? gw melihat temen2 gw asyik bermain tamiya dan gw Cuma ngelamun ngebayangin kapan gw bisa nunjukin ketemen gw klo gw juga punya mobil kayak dy, sampe pada suatu saat bokap gw beliin tapi sayangnya bokap beliin pas mainannya uda ga up date lagi dimainin ( istilahnya “dah jadul”) karena mimpi gw udah ganti jdi pengen punya video game.. he…3x.. nyebelin yah gw, dan baru2 ini gw juga pernah bermimpi punya laptop or sejenisnya untuk membantu gw dalam kuliah, dengan perjuangan yang keras dan bantuan dari Emak & kakak gw akhirnya mimpi untuk punya laptop atau sejenisnya terwujud, ya meskipun Cuma notebook murahan tpi gpp dari pada gw ga punya.. he…3x, tapi gw blum merasa puas dengan apa yang udah gw dapatin dan gw beralih pada mimpi2 gw yang aneh bin ajaib, soalnya gw ngerasa klo gw ga punya mimpi hidup gw tuh mati, soalnya ga ada lgi yang bisa buat gw termotivasi!! Okay, konsep ini emang keliatan bodoh banget, tapi kadang-kadang hal ini ada benernya juga loh. Pernah suatu saat gw baca di majalah bahwa konsep ini bisa diibaratkan seperti ilustrasi di bawah ini.

“Seekor keledai pada hari itu tidak mau berjalan. Baru sebentar saja berjalan, ia beranjak diam lagi. Sang pemilik kebingungan, padahal ia butuh untuk bepergian. Akhirnya ia ikatkan sebatang wortel menggunakan kayu dan tali, dan ia letakkan beberapa sentimeter dari wajah si keledai. Si keledai akhirnya mau juga berjalan untuk mengejar wortel tersebut, karena ia lapar. Tapi setiap kali si keledai akan maju untuk menggigit wortel tersebut, si pemilik memajukan wortelnya beberapa senti lagi, sehingga si keledai terus berjalan mengejar wortel tersebut. Jika si keledai berhasil mendapat wortel tersebut, maka berakhirlah. Ia tidak punya tujuan lagi untuk berjalan. Sampai pada saatnya sang pemilik memiliki umpan baru lagi untuk digantung di depan wajah keledai itu.”

Begitulah, manusia seperti kita juga pasti punya mimpi. Anak TK bermimpi dibelikan mainan. Anak SD bermimpi dibelikan game. Anak SMP bermimpi dibelikan handphone BB ( black berry maksudnya bukan bau badan yah). Anak SMA bermimpi dibelikan motor. Anak kuliahan bermimpi punya mobil. Udah kerja bermimpi punya istri. Udah punya istri bermimpi punya anak. Udah punya anak mimpi punya rumah. Udah punya rumah mimpi punya mobil mewah. Udah punya mobil mewah mimpi punya motor gede. Begitu seterusnya ga habis2 sampe kita mati ...!!
Dan inilah yang sebenarnya bisa bikin kita hidup . Hidup dalam artian “hidup” yang Real (nyata). A passionate life. Dan kalau manusia itu udah nggak punya mimpi lagi, berarti udah saatnya dia pergi ke tingkat selanjutnya ( ”mati” ). Well, mungkin tipe orang seperti Soe Hok Gie-lah yang sedikit kurang beruntung. Karena saat dia masih punya banyak mimpi yang bergelora, malah saat itu juga ia pergi ke tingkat selanjutnya (”mati”), meninggalkan mimpi-mimpinya menjadi mimpi-mimpi yang tak pernah terwujudkan. Tapi ada juga loh yang beruntung contohnya Aris Indonesian idol dia bermimpi bahwa suatu saat dia bisa berdiri diatas panggung dan menghibur seluruh masyarakat indonesia dan akhirnya terwujud dari seorang pengamen KRL bekasi menjadi idolah seluruh statiun di indonesia dan mungkin sekarang mimpinya bukan hanya menjadi penyayi diatas panggung aja mimpinya mungkin punya Album dan mungkin dapat penghargaan AMI .... !!! gw juga pernah ngalamin loh mimpi jdi kenyataan dulu gw pengen banget kuliah untuk memperbaiki masa depan gw, dan ternyata Tuhan mewujudkan mimpi gw untuk kuliah meskipun lokasinya jauh dari ortu & keluarga Plus sahabta2 gw tpi gpp. So, yang jelas gw belajar untuk menghargai orang terdekat gw yang jauh dari gw, dan kenyataan itu bener gw jdi bisa merasakan betapa sayangnya emak, bapak dan kakak gw plus temen2 gw ketika jauh, padahal dulu , gw tuh ngerasa dicuekin ma kakak gw, ngelawan ma bokap& emak gw klo disuruh, ngerasa temen2 gw ga care ma gw dsb, sekarang gw sadar klo ga ada mereka, mungkin mimpi gw ga akan terwujud!

Nah, moral of the story-nya adalah, wujudkan mimpi-mimpi kamu sebelum terlambat. Daripada misalnya mimpi pengen kawin tapi keburu mati, ntar kita bisa jadi arwah penasaran lagi, hii..3x! Pokoknya sebisa mungkin lakukan apa yang kita bisa sebelum terlambat. bukan bermaksud untuk menceramahi loh, tapi gw harap ini bisa bikin elo2 semua termaksud gw mengejar mimpi2 kita yang belum terwujudkan. Misalnya, kayak sekarang2 ini gw pengen banget jalan2 kebali dan gw berusaha bagaimana gw bisa jalan2 kebali kayak jadi panitia study tour kebali atau apalah, so yang jelas itu mimpi bisa terwujud.

AnyWay, mungkin lebih tepatnya tulisan ini gw Dedikasikan untuk temen-temen gw yang punya mimpi, terusalah bermimpi selagi kita masih bisa bermimpi, dan wujudkan mimpi2 mu itu, jadikanalah mimpi itu sebuah motivasi!

”Dan apalah yang kita punya untuk orang macam kita ini slain mimpi ” (kutipan Novel Andrea Hirata ” Sang Pemimpi”) ..** gw belum nonton tuh Filmnya.. he...3x

Tidak ada komentar: